Rabu, 01 Maret 2023

Apa Itu FOREIGN KEY Dalam Constraint

 

FOREIGN KEY merupakan sebuah constraint pada SQL yang digunakan untuk membuat relasi antara dua tabel dalam sebuah database. Dengan menggunakan FOREIGN KEY, kita dapat menentukan bahwa nilai pada kolom tertentu dalam sebuah tabel merupakan referensi atau kunci asing dari kolom tertentu di tabel lain.

Contoh penggunaan FOREIGN KEY pada SQL:

Pada contoh di atas, terdapat dua tabel yaitu karyawan dan departemen. Tabel karyawan memiliki kolom id, nama, dan id_departemen, sedangkan tabel departemen memiliki kolom id dan nama. Kolom id_departemen di tabel karyawan dideklarasikan sebagai FOREIGN KEY yang merujuk ke kolom id di tabel departemen. Hal ini berarti nilai pada kolom id_departemen di tabel karyawan harus ada di tabel departemen sebagai nilai pada kolom id.

Contoh lain penggunaan FOREIGN KEY pada SQL:

Pada contoh di atas, terdapat dua tabel yaitu pelanggan dan pesanan. Tabel pelanggan memiliki kolom id, nama, dan id_pesanan, sedangkan tabel pesanan memiliki kolom id, tanggal_pesan, total_harga, dan status_pesanan. Kolom id_pesanan di tabel pelanggan dideklarasikan sebagai FOREIGN KEY yang merujuk ke kolom id di tabel pesanan. Hal ini berarti nilai pada kolom id_pesanan di tabel pelanggan harus ada di tabel pesanan sebagai nilai pada kolom id. Dengan menggunakan FOREIGN KEY, kita dapat membuat relasi antara tabel pelanggan dan pesanan sehingga setiap pelanggan memiliki satu atau lebih pesanan.

 

 

Sekian dari saya dan sampai jumpa👍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer